Minggu, 02-10-2022
  • Penerimaan Santri Baru Tahun Pembelajaran 2023-2024 Akan Segera Dibuka

Akarista 5 Ponpes Al Kautsar Banjar Tembus 993 Peserta se-Jawa

Diterbitkan : - Kategori : Kutipan Media

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR — Pondok Pesantren Al Kautsar Banjar menggelar acara tiga tahunan, yaitu Akarista 5 atau Ajang Kreativitas Intelektual dan Seni Antar Pelajar 5. Kegiatan itu diadakan di Pondok Pesantren Al-Kautsar, Jalan Pejuang nomor 100, Dusun Karangpucung Wetan, Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, dan dibuka pada Kamis (25/8/2022).

Akarista 5 mencakup seminar kepemudaan serta kompetisi seni sebagai wadah pengembangan minat dan potensi pemuda yang melibatkan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA se-Pulau Jawa. 

Pada tahun 2022 ini, Akarista mengangkat tema “Menjadi Pelopor di Era Digital” sebagai perwujudan harapan-harapan untuk memberikan perubahan pada masa depan yang lebih baik. Acara yang dihadiri dua 2bintang tamu itu menyajikan   12 perlombaan, SD Se-Priatim (Priangan Timur) SMP Se-Jawa Barat dan SMA Se-Pulau Jawa. 12 Perlombaan ini terdiri dari Pildacil, MHQ, Baca Carpon, Olimpiade MIPA, Cipta Baca Puisi, Nasyid, Handicraft, Fotografi, Video Kreatif, Speech Contest,Story Telling dan LJM dengan total hadiah  puluhan juta rupiah dan Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat

Acara Akarista 5  akan diselenggarakan dalam waktu tiga hari mulai dari pembukaan tanggal 25 agustus  sampai penutupan 27 agustus 2022, oleh Pondok Pesantren Al Kautsar Banjar yang dipanitiai oleh OSAKA (Organisasi Santri Al Kautsar). “Akarista 5 bertujuan untuk meningkatkan daya saing pelajar, merekatkan tali persaudaraan antarpelajar, sehingga timbul rasa memiliki dan menguatkan rasa persatuan membangun karakter pelajar dengan pendidikan karakter (character building),”  kata Ketua Pelaksana AKARISTA5, Muhammad Salman Audah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (25/8/2022).

Pembukaan acara Akarista 5 sejumlah tokoh dan pejabat di Banjar. Antara lain, wali kota Banjar, camat Banjar, kepala desa Jajawar, Disdik, Polres, Kasi Pendis, Kemenag, Ramil, Kapolres, Kapolsek. Acara pembukaan itu dipandu oleh santri Al Kautsar yakni, Aldo Badra Dipo kelas 11;Muhammad Azzam Aditya kelas 11 dan Abdullah Azam kelas 11,selaku Master of ceremony. Kemudian dilanjutkan  dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Fauzan Al Ansori kelas 12 . 

“Peserta yang mengikuti lomba berjumlah 993 orang. Terdiri  terdiri dari 692 peserta online dan 301 offline,” ungkap Salman Audah. “Harapannya potensi para pelajar bisa dikembangkan dan ditampilkan secara umum.  Apalagi sejak  Covid-19 para pelajar para pelajar lebih banyak berdiam diri.  Dengan akarista ini, kita  berharap banyak membawa perubahan,” ujarnya.

 “Kami siap senantiasa untuk berkontribusi untuk kemajuan kota banjar dan juga bangsa,”  kata Kepala Ma’had Al Kautsar, Muhammad Ridlwan,Lc.

Wali kota Banjar, Dr  Hj  Ade Uu Sukaesih  SIP MSi dalam sambutannya saat membuka secara resmi Akarista 5 mengapresiasi kegiatan tersebut. “Akarista5 ini diselenggarakan oleh anak-anak muda yang kreatif.  Zamannya milenial tentu saja zamannya digital. Dulu kita berhubungan dengan berjalan kaki,  lama-lama ada kabel, telepon,  lama-lama dengan handphone, inilah zaman milenial,” ucap Ade UU Sukaesih seraya menambahkan, “Pondok Al Kautsar adalah aset Banjar.” 

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/rh78fy374/akarista-5-ponpes-al-kautsar-banjar-tembus-993-peserta-sejawa

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait